Sunday, April 22, 2012

PILATES Untuk Tubuh, Pikiran dan Jiwa yang Sehat

PILATES
Pilates (dalam bahasa Inggris diucapkan: puh-lah-tiz; sedangkan dalam bahasa Jerman diucapkan: pih-lah-tes) meningkatkan kesejahteraan mental dan fleksibilitas fisik, serta memperkuat otot-otot melalui gerakan terkontrol dengan peralatan tertentu.
Selain itu, pilates meningkatkan sirkulasi dan membantu untuk memahat tubuh dan memperkuat tubuh "inti" atau "pembangkit tenaga" (tubuh). Orang yang melakukan pilates secara teratur merasa bahwa mereka memiliki postur lebih baik, kurang rentan terhadap cedera, dan kesehatannya secara keseluruhan membaik, bahkan jiwanya merasa lebih tenang.
Joseph H. Pilates, pendiri metode latihan pilates, dilahirkan di Jerman. Saat masih anak-anak ia lemah, asma dan gampang sakit seperti anak pada umumnya. Untuk membangun tubuhnya dan tumbuh lebih kuat, ia melakukan banyak olahraga yang berbeda-beda, dan akhirnya ia menjadi atlet. Sebagai perawat di Inggris selama Perang Dunia I, ia merancang metode latihan dan peralatan untuk pasien maupun tentara yang mengalami gangguan pergerakan.
Bukan hanya membuat peralatannya, Pilates juga mengembangkan serangkaian latihan di atas matras yang fokus pada batang tubuh. Dia mendasarkan latihannya ini pada berbagai metode latihan seluruh dunia, seperti yoga dan seni bela diri Cina.
Joseph Pilates percaya bahwa kesehatan fisik dan mental saling terkait. Dia merancang program latihan berdasarkan filosofi ini, termasuk konsentrasi, presisi, kontrol, pernapasan, dan gerakan mengalir.
Ada dua cara latihan dalam pilates:
Saat ini, kebanyakan orang fokus pada latihan matras, yang hanya memerlukan matras lantai dan pelatihan. Latihan-latihan ini dirancang sedemikian rupa sehingga tubuh Anda menggunakan berat badan sendiri sebagai resistensi.
Metode lainnya menggunakan berbagai peralatan untuk memperkuat tubuh dan otot, lagi-lagi menggunakan prinsip resistensi.
Memulai Latihan
Asyiknya pilates adalah setiap orang bisa melakukannya. Entah hanya untuk menikmati kebugaran saja atau yang hendak menggapai tujuan lebih besar: keseimbangan tubuh, pikiran dan jiwa.
Sekarang banyak pusat kebugaran yang menawarkan kelas pilates, terutama latihan matras. Studio kami  memiliki instruktur yang berkualifikasi internasional. Kami juga menawarkan kelas privat. Jika klub kesehatan Anda punya mesin pilates, pastikan ada instruktur pilates berkualifikasi yang bertugas mengajar dan mengawasi Anda selama latihan.
Kini kelas pilates bermunculan di mana-mana meskipun tidak semuanya memiliki instruktur yang andal dan layak. Seperti halnya bentuk latihan dan olahraga lainnya, sangat mungkin mencederai diri sendiri jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau tidak tahu persis bagaimana melakukan gerakan-gerakannya. Beberapa gyms mengirim pelatih pribadi ke kursus akhir pekan dan kemudian mengklaim bahwa mereka memenuhi syarat untuk mengajar pilates, padahal tidak! Belajar dari instruktur semacam itu dapat menyebabkan cedera.
Jadi, carilah instruktur yang bersertifikat yang diberikan oleh organisasi yang memiliki program pelatihan ketat. Instruktur seperti itu telah menyelesaikan beberapa ratus jam pelatihan pilates dan mengetahui berbagai cara untuk memodifikasi latihan sehingga siswa baru tidak cedera.
Berikut ini beberapa tips untuk pemula pilates:
  • Tetap fokus. Pilates dirancang menggabungkan irama pernapasan dengan gerakan tubuh Anda. Instruktur berkualitas akan mengajarkan cara mengatur pernapasan Anda. Anda juga akan diajarkan untuk berkonsentrasi pada otot dan apa yang Anda lakukan. Tujuan pilates adalah menyatukan pikiran dan tubuh Anda, sehingga dapat mengurangi stres dan kecemasan.
  • Bersikap nyaman. Kenakan pakaian yang nyaman (seperti yang Anda lakukan untuk yoga - celana pendek atau celana ketat dan T-shirt atau tank top adalah pilihan terbaik), dan perlu diingat bahwa pilates biasanya dilakukan tanpa sepatu. Jika Anda mulai merasa tidak nyaman, tegang, atau mengalami rasa sakit, Anda harus berhenti.
  • Biarkan mengalir. Ketika Anda melakukan latihan, hindari gerakan-gerakan mendadak dan cepat. Setiap gerakan harus lambat, tapi tetap kuat dan fleksibel. Joseph Pilates bekerjasama dengan para penari untuk merancang gerakannya mengalir seperti tarian.
  • Pikirkan jantung Anda. Yang menyenangkan tentang pilates adalah Anda tidak perlu berkeringat jika Anda tidak ingin - tetapi Anda juga boleh berlatih dengan cepat (tergantung fluiditas pikiran Anda saja!) untuk meningkatkan detak jantung Anda. Atau, karena pilates terutama tentang kekuatan dan fleksibilitas, Anda bisa menggabungkan pilates dengan bentuk latihan lainnya seperti aerobik, berenang atau jalan cepat.
Sebagian besar penggemar pilates mengatakan bahwa mereka tekun melakukan pilates ini karena sungguh-sungguh mengubah postur tubuh mereka, kesehatan lebih bugar, pikiran lebih tenang, bahkan jiwa lebih damai. Sebelum Anda mulai semua jenis program olahraga, termasuk pilates, lebih baik Anda berkonsultasi dengan dokter, terutama jika Anda memiliki masalah kesehatan. DB
Dr. Dono Baswardono, AISEC, MA, Ph.D

1 comment:

  1. pilates kayak dansa ya kak , sekalian info donk kak...bisa info pakaian olahraga wanita yang daerah surabaya

    ReplyDelete